Mematikan Chrome Agar Tidak Berjalan di Belakang Layar

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana, meskipun Anda menutup jendela Chrome dengan benar, ternyata proses aplikasi ini masih bersembunyi di latar belakang layar? Kejadian seperti ini tidak hanya dapat menguras daya baterai handphone ataupun memori komputer Anda, tetapi juga mengganggu kinerja sistem secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial langkah demi langkah tentang cara mematikan Chrome secara menyeluruh, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang proses yang berjalan di belakang layar setelah menutup browser. Dengan langkah-langkah yang sederhana namun efektif, Anda akan dapat mengoptimalkan penggunaan Chrome sesuai kebutuhan Anda dan meningkatkan pengalaman penjelajahan secara keseluruhan. Mari kita mulai!

Klik Titik 3 di sudut kanan browser anda. Kemudian Klik Settings.

 

Kemudian Klik System

 

Klik tombol Continue Running Background …… (dibagian sebelah kanan)
Done

Apabila sudah OFF seperti gambar diatas, tutup tab browser anda. Chrome anda sudah tidak berjalan lagi dibelakang layar.

Apabila anda merasa tutorial diatas tidak berjalan sebagaimana mestinya,  berikut adalah beberapa tutorial lain tentang cara mematikan Chrome agar tidak berjalan di belakang layar setelah ditutup:

1. **Keluar dengan Benar:**
Pastikan Anda menutup Chrome dengan benar. Klik pada tombol tiga titik di sudut kanan atas jendela Chrome dan pilih “Keluar” daripada hanya menutup tab atau jendela.

2. **Periksa Task Manager:**
Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc) setelah menutup Chrome. Pastikan tidak ada proses Chrome yang berjalan di latar belakang. Jika ada, pilih proses tersebut dan klik “Akhiri Tugas.”

3. **Perbarui Chrome:**
Pastikan Chrome Anda diperbarui ke versi terbaru. Beberapa masalah dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak.

4. **Nonaktifkan Ekstensi:**
Beberapa ekstensi mungkin menyebabkan Chrome tetap berjalan di latar belakang. Nonaktifkan ekstensi satu per satu dan periksa apakah masalahnya terpecahkan.

5. **Gunakan Mode Tamu:**
Coba jalankan Chrome dalam mode tamu. Mode tamu akan menonaktifkan semua ekstensi dan tema. Lihat apakah masalahnya tetap ada.

6. **Bersihkan Cache dan Data:**
Pilih “Pengaturan” di menu Chrome, gulir ke bawah, dan klik “Lihat pengaturan selengkapnya.” Di bawah bagian “Privasi dan keamanan,” pilih “Hapus data penjelajahan.” Bersihkan cache dan file cookie.

7. **Cek Pembaruan Sistem Operasi:**
Pastikan sistem operasi Anda juga diperbarui ke versi terbaru. Beberapa masalah dapat terjadi karena ketidakcocokan antara Chrome dan sistem operasi.

8. **Gunakan Perintah Terminal (jika menggunakan sistem operasi berbasis Unix/Linux):**
Jika Anda menggunakan sistem operasi seperti Linux, Anda dapat mencoba membunuh proses Chrome secara manual melalui terminal. Gunakan perintah seperti `pkill chrome` atau `killall chrome`.

9. **Reinstall Chrome:**
Jika semua langkah di atas tidak berhasil, pertimbangkan untuk menghapus Chrome dan menginstalnya kembali. Pastikan untuk menyimpan bookmark dan data yang diperlukan sebelum menghapusnya.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda seharusnya dapat menutup Chrome sepenuhnya tanpa ada proses yang tetap berjalan di latar belakang. Jika masalah tetap berlanjut, mungkin ada baiknya untuk mencari bantuan lebih lanjut melalui forum dukungan Chrome atau mencoba versi Chrome yang lebih baru jika tersedia.

Demikianlah tutorial lengkap tentang cara memastikan Chrome benar-benar berhenti berjalan di belakang layar setelah Anda menutupnya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Chrome dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin berbagi pengalaman Anda, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini. Kami senang mendengar dari Anda dan siap membantu dengan pertanyaan atau masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi. Terima kasih telah membaca, dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda!