Mematikan Fast Startup & Uptime yang berjalan pada Windows 11

Fast Startup adalah fitur pada Windows yang dirancang untuk mempercepat proses booting sistem dengan menyimpan keadaan sistem ke dalam file hibernasi ketika Anda mematikan komputer. Saat Anda menghidupkan kembali komputer, Windows akan menggunakan file hibernasi tersebut untuk memulai sistem daripada melakukan boot dari awal, yang mempercepat waktu booting.

Namun, Fast Startup dapat memengaruhi perhitungan Uptime Windows. Ketika Fast Startup diaktifkan dan Anda mematikan komputer, sistem sebenarnya tidak sepenuhnya dimatikan; sebagian dari sistem tetap aktif dalam keadaan tidur yang dalam. Oleh karena itu, meskipun komputer tampak dimatikan, Fast Startup membuat beberapa komponen sistem tetap berjalan dalam mode tidur yang sangat rendah daya.

Ketika Anda kemudian menghidupkan kembali komputer dari Fast Startup, Windows tidak menghitung waktu tidur ini sebagai waktu downtime, yang menyebabkan Uptime Windows terus bertambah. Ini berarti meskipun Anda mematikan komputer, Fast Startup memungkinkan beberapa komponen sistem tetap aktif, mempengaruhi perhitungan waktu uptime.

Jadi, Fast Startup dapat membuat Uptime Windows terus bertambah bahkan setelah Anda mematikan komputer, karena sistem sebenarnya tidak sepenuhnya dimatikan saat fitur ini diaktifkan.

Sebagai contoh, laptop saya sudah dimatikan 2 kali dan telah mencapai masa aktif lebih dari 1 hari. Jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan fitur fast startup, waktu aktif tersebut akan direset saat Anda melakukan restart atau shutdown pada PC/laptop Anda.

Sampel Uptime Windows

Uptime adalah parameter penting yang mengukur berapa lama sebuah sistem telah beroperasi tanpa restart atau mati. Namun, terkadang Windows tetap menyimpan uptime ketika laptop dimatikan. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara merubah uptime Windows yang tetap berjalan bahkan setelah laptop dimatikan ke keadaan semula. Mari kita jelajahi langkah-langkahnya.

Buka Pengaturan (Settings), ketik “Power Option” pada kotak pencariannya, kemudian klik “Edit Power Plan”. (Untuk Windows yang bukan windows 11, Buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Option)

Pada windows 11 kita harus mengetiknya secara manual pada kolom pencarian seperti gambar diatas.

 

Klik “Power Options”

Fokus ke sidebar kiri, pilih “Choose what the power buttons do”


Hilangkan centang di “Turn on fast startup (Recommended), jika tidak bisa klik dulu “Change settings that are currently unavailable”

Hilangkan centang di “Turn on fast startup (Recommended)


Klik Save Changes


Selesai, silahkan coba di shutdown dan hidupkan kembali, pasti penghitung waktu komputer menyala (Uptime) sudah dimulai dari nol.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar dibawah ya!